DIY Aloe Vera Honey Mask (back to nature)

August 04, 2017
Weekend vibes and welcome to my blog! 

Weekend itu waktunya buat me time banget. Apalagi buat kalian yang weekdaynya full sama kegiatan kampus, kantor, dan lain lain. Paling enak maskeran sih emang, bikin relax. Tapi kalo males buat perawatan di luar gimana dong??

Guys perawatan itu ngga melulu harus pergi ke klinik kecantikan yaa. Kalian bisa kok me time di rumah dan maskeran sendiri pake produk yang dijual di store kosmetik atau minimarket terdekat. 

Tapi nggada salahnya kan kalo kita maskeran pake bahan-bahan alami atau non kimia? Let's back to nature. Karena pada dasarnya alam telah menyediakan berbagai macam hal yang kita butuhin.


So today, we will talk about how to make Aloe Vera Honey Mask (DIY)!
Sebelumnya kita bahas dulu yuk kandungan dari masing-masing bahan ini dan manfaatnya apa aja buat kulit. 

Yang pertama aloe vera, aloe vera mengandung berbagai vitamin, mineral, enzim, saponin, gula rantai yang panjang dan 20 jenis asam amino. Selain itu, aloe vera juga mengandung berbagai senyawa biologis aktif, seperti antrakuinon, mannans asetet, polymannans, antioksidan dan berbagai lektin. Manfaat utamanya bagi kulit adalah menstimulasi 
pembentukan jaringan epidermis dan membantu proses regenerai sel. 
Vitamin C, E, dan lignin berfungsi untuk melembabkan dan mencerahkan kulit. Zat lignin dalam lendir aloe vera memiliki kemampuan menahan hilangnya cairan dari permukaan kulit sehingga terlihat awet muda. (Source: E-journal UNP)

Terus kalo madu gimana? 
Fyi, madu udah dimanfaatin dalam dunia kecantikan sejak jaman cleopatra. Selain buat masker ternyata madu juga bisa dipake buat conditioner, hair mask, toner, scrub, dan lain lain. Madu memiliki khasiat anti inflamasi, anti bakteri, dan anti oksidan yang bagus banget buat kulit. Apalagi kalo kulit kalian jerawatan, maka madu pilihan yang cocok buat ngilangin redness akibat jerawat di muka. 

Masuk ke poin berikutnya, jadi buat bikin DIY mask ini yang kalian butuhin adalah:
1 batang Aloe Vera
1/2 sdt madu (madu asli ya kalo bisa)

Cara membuat:
- cuci batang aloe vera sampe bersih
- ambil gel di dalamnya, hancurkan (bisa manual, bisa di blender)
- tambahkan 1/2 sdt madu
- aduk rata and ready to use


Cara pakai:
Kalo aku cuci muka dulu sampe bersih
Terus siapin handuk yang sebelumnya udah di celupin ke air anget, dan ditempelin ke muka selama beberapa menit. 3 menit udah cukup kok. Fungsinya biar maskernya nanti bisa bener-bener masuk ke pori pori.
Terus tempelin maskernya merata ke area wajah kecuali mata dan bibir ya, leher juga boleh. 
Tunggu 10-15 menit. 
Bilas pake air anget. 

Nb: buat takaran bisa disesuaikan keinginan dan kebutuhan masing-masing yaa. Dan buat hasil yang maksimal kalian bisa lakuin ini 2 atau 3 kali seminggu. Pastikan ketika kalian bikin DIY mask ini alat-alat yang dipake harus hygienis. Karena kalo engga justru bisa bikin masalah baru :)

Selamat mencobaaa! Hope you guys like it!

No comments:

@rynryani. Powered by Blogger.