Tren Penggunaan Cairan Infus untuk Wajah (?)

August 31, 2017
Hai! Welcome back to my blog!

Post ini bakal bahas tentang Tren Penggunaan Cairan Infus untuk Wajah. Mungkin sebagian dari kalian udah pada tau tentang tren ini. Kalo aku sendiri pertama kali tau pas ngga sengaja baca blognya Elin Ivana di awal tahun 2017 dan nggatau kenapa jadi tertarik buat nyoba.


Cairan infus yang digunakan bukan sembarang cairan infus ya melainkan Normal Saline atau NaCl. Jadi kalo kalian mau beli di apotek tinggal bilang aja beli NaCl, pegawai apoteknya pasti udah tau.

Umumnya NaCl digunakan untuk menggantikan cairan yang hilang dalam tubuh. NaCl bisa dipake buat kompres luka sebagai antiseptik, berbeda dengan alkohol, NaCl sama sekali ngga perih pas dipake. Karena sifatnya yang mirip dengan cairan tubuh, NaCL juga bisa dipake buat irigasi sinus. Kalo kalian pernah liat video balita yang disuntik lubang hidungnya pake air buat keluarin ingusnya, that's how it works.

Dari beberapa artikel yang aku baca, ada yang memanfaatkan cairan infus ini sebagai toner, make up removal, masker, dll. To be honest, sebenernya untuk penggunaannya sebagai toner atau make up removal aku sendiri ngga setuju, karena emang NaCl tidak diciptakan untuk kedua hal tersebut. Masih banyak kok produk-produk kecantikan lain yang bisa digunakan, tentunya komposisinya telah disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan kulit kamu. 

Lalu kenapa aku make ini? 
Engga, ini bukan melulu tentang mengikuti tren kecantikan tapi memang karena aku bermasalah dengan jerawat. Jadi singkat cerita kemaren aku sempet jerawatan dan setiap malem selalu aku kasih Acne Lotion Larissa. But it turns wrong, karena justru meradang, merah, dan kulitnya mengelupas. Entahlah, mungkin karena ngga tahan dengan kandungan alkohol di dalemnya atau emang akhir-akhir ini kulitnya lagi hypersen.

Jadilah akhirnya sore habis pulang kantor aku beli NaCl di apotek dengan IDR 8.5K. Oh iya aku sempet konsultasi sama pegawai apoteknya juga, karena setau aku NaCL ini ketika udah dibuka dan kena tangan maka sifatnya cuma sekali pake. Karena dia udah terkontaminasi jadi ngga steril lagi. Akhirnya aku dikasih semacem alat inject buat ngeluarin NaCL dari botolnya tapi tetep steril dengan IDR 7.5K.


Itulah kenapa kalo ada yang naruh NaCl ke sprayer kecil dan difungsikan sebagai toner atau face mist aku ragu NaCl itu masih dalam keadaan steril atau ngga.

Disini aku share cara buka infus agar tetap steril. 
- Pertama kalian bisa cuci tangan dulu, terus keringin tangan pake tisu. Aku sendiri masih pake hand sanitizer setelah cuci tangan.
- Buka tutup botol infus dengan menarik plastik penutup botol, disini kalian bisa liat kalo masih ada rubber penutup bagian dalam infus
- Buka salah satu tutup alat inject dan tancepin ke rubber botol infus
- Pastikan jari kalian sama sekali ngga menyentuh badan pipa injectnya
- NaCl udah bisa dipake, tinggal buka tutup atasnya dan tuangin NaCl ke kapas.

Kapas tadi biasanya aku taruh di muka selama 20 menit, terus kalo udah angkat tanpa dibilas. Biasanya aku pake pas malem menjelang tidur. Dan paginya redness, kulit mengelupas dan jerawat meradang sangat berkurang. Pretty awesome when i looked into my face in the morning and feel much better

Untuk maksimal penggunaan dalam seminggu biasanya aku cuma 2  kali kompres atau sesuai kebutuhan. Jadi disini aku pake NaCl buat meringankan kondisi radang akibat jerawat di muka aku, karena sifatnya yang dapat membunuh bakteri.

Sampe sekarang, selama aku treat pake NaCl kulit muka masih aman-aman aja. Cuma beberapa detik setelah angkat kapas kerasa agak anget di muka. Tapi cuma beberapa detik dan ilang gitu aja.

Worth to try kalo menurut aku, tapi kalo kulit muka normal-normal aja kayanya ngga perlu juga. :)


3 comments:

  1. Mbak kalo sodium chloride boleh nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau aku boleh, Sodium Chloride merupakan nama kimia untuk garam. Nah, Sodium Chloride ini yang jadi kandungan aktif dari NaCl

      Delete
  2. Mba, alat inject nya namanya apa yah ?
    Di apotek mana ya mba mba belinya ?

    ReplyDelete

@rynryani. Powered by Blogger.